Competency Based Language Teaching by Suryani
Metode ini mengharuskan
guru untuk mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh siswanya. Sebagai
contoh apabila seorang guru memberikan sebuah judul kepada murid. Tidak hanya
berhenti disitu, guru juga harus terus membimbing siswa agar mereka menemukan
jawaban yang benar dari tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru. Jadi, guru
harus memastikan bahwa siswa nya memahami dan mengerti apa yang harus mereka
kerjakan.
Adapun aturan bagi
siswa dalam CBLT :
1.
Aktif
2.
Menampilkan hasil yang telah dikerjakan
3.
Mampu beradaptasi dan memberikan ilmu
kepada teman-teman nya yang lain.
Project Based Learning by Wirdayani
Dari pemaparan
Wirdayani dapat disimpulkan bahwa PBL adalah sebuah metode pembelajaran yang
memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran di dalam kelas
dengan kerja proyek. Kerja proyek maksudnya memuat tugas-tugas yang kompleks
berdasarkan masalah yang diberikan kepada siswa. Memberikan masalah kepada
siswa merupakan langkah awal dalam mengumpulkan ilmu pengetahuan berdasarkan
pengalaman yang mereka dapatkan. Metode ini juga menuntut siswa untuk merancang
kegiatan, melakukan investigasi, penyelidikan, memecahkan membuat keputusan,
dan memberikan kesempatan pada siswa untuk mengerjakan tugas secara mandiri
maupun kelompok.
Apabila tugas yang
diberikan oleh guru selesai, maka hasil kerja proyek tersebut adalah suatu
produk berupa laporan tertulis, lisan, presentasi, atau rekomendasi. Kelebihan dari
PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, mampu memecahkan masalah
sehingga siswa lebih aktif. Sedangkan kekurangan PBL ialah membutuhkan waktu
yang lama untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks dan banyak dana atau
biaya yang dibutuhkan.
Community Language Learning by Syarifah Karmila Sari
Terkadang siswa
mengalami ketakutan dan tidak percaya diri saat tampil didepan kelas, saat
itulah guru berperan sebagai consellor yang memahami perasaan dan permasalahan
siswa yang dihadapi oleh siswanya. Guru memusatkan perhatiannya kepada siswa. Tujuan
CLL sendiri adalah untuk membangun hubungan komunikasi dan menghilangkan
ketakutan dalam diri siswa saat mempelajari bahasa kedua. Oleh karena itu, CLL
bertujuan agar para siswa mampu belajar dan menggunakan bahasa target secara
komunikatif.
Syarifah juga
memberikan simulasi di akhir presentasinya. Ia menguasai bahan dan mampu
menguasai kelas dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar