Total Physical Response and Story Telling by Tri Astuti
TPR adalah strategi dan
cara yang inovatif untuk mempelajari bahasa asing. Biasanya digunakan untuk
anak SD atau anak TK untuk mempelajari kosa kata baru. Dalam TPR ini guru
memberikan perintah kepada siswa untuk menirukan suatu gerakan seperti : plane,
ball, and car. Guru memberikan kata baru dan menirukan dengan gerakan, seperti:
fly your plane lalu menirukan gerakan pesawat.
Kelebihan dari TPR
adalah siswa tidak merasa tertekan saat belajar, mereka menikmatinya karena
mereka terlibat langsung untuk mempraktekkan kosa kata baru dengan menirukan
gerakan-gerakan. Metode ini sangat menarik untuk diterapkan bagi para guru
untuk menjadikan kelas lebih aktif saat memberikan kosa kata baru.
Story telling adalah
cara atau seni yang interaktif menggunakan kata-kata, bahasa semenarik mungkin
untuk menghibur pendengar. Story telling ini dapat membuat interaksi yang akrab
antara story teller dan listener. Tri Astuti juga
memberikan simulasi tentang TPR dan Story telling ini dengan sangat menarik,
sehingga audience lebih mudah untuk memahami apa itu TPR dan story telling.
Content Based Instruction by Mulyanada Yani
CBI adalah salah satu
metode dalam mengajarkan bahasa asing. Pada metode ini guru memberikan
instruksi yang jelas saat menjawab soal atau isi berdasarkan instruksi. Sebelumnya
CBI ini digunakan ketika belajar grammar dan translation, tetapi saat ini CBI
digunakan dalam setiap skill. Ketika guru menggunakan metode ini dalam proses
pembelajaran, guru memberikan instruksi seperti meminta anak untuk membuat
kelompok dan setiap kelompok akan dierikan sebuah materi tentang procedure text
lalu guru memberikan sumber-sumber untuk memudahkan siswa mencari bahan yang
telah diberikan. Seperti buku, video, audio, dan website.
Setelah siswa
mendapatkan bahan yang diminta oleh guru, mereka di instruksikan untuk
mempresentasikannya. Kelebihan CBI ini adalah untuk membuat siswa lebih aktif,
menemukan wawasan yang luas karena siswa mencari sendiri bahan yang akan
dipelajari, dan juga CBI ini merupakan
pembelajaran bahasa yang menarik.
Disamping kelebihan
yang ada dalam CBI, CBI juga memiliki kekurangan yaitu; menjadikan murid
bingung apabila mereka tidak paham apa yang diinstuksikan, fokus pada satu
bahasa saja , dan bisa jadi sumber yang diberikan tidak sesuai dan bahan yang
dicari tidak ada sesuai yang telah diinformasika oleh guru.
Cooperative Learning by Maulina
Cooperative learning
adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan pada sikap atau perilaku
bersama dalam bekerja atau membantu di antara satu dengan yang lainnya dalam
struktur kelompok. Metode ini berbasis pada teori belajar kognitif dan teori
belajar sosial. Ada beberapa indikator dalam cooperative learning yaitu :
menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, memberikan informasi, membagi siswa
kedalam beberapa kelompok-kelompok belajar, membimbing, mengevaluasi, dan
memberikan penghargaan.
Tidak hanya kelebihan, metode cooperative learning juga memiliki kelemahan yaitu : memerlukan waktu
yang lama, memiliki format penilaian belajar yang berbeda dan memerlukan
kemampuan khusus bagi guru untuk mengkaji berbagai tekhnik pelaksanaan
cooperative learning.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar