Sabtu, 17 Mei 2014

Blended Learning and Role Play by Syahyar Ridhana Puta 


         Blended learning merupakan pendekatan pembelajaran yang mengusung penggunaan internet sebagai mendia belajar. Pelaksaan pendekatan ini memungkinkan penggunaan sumber belajar online, terutama yang berbasis web, dengan tanpa meninggalkan kegiatan tatap muka. Dengan pelaksanaan blended learning ini, pembelajaran lebih bermakna karena keragaman sumber belajar yang mungkin diperoleh.
Jadi blended learning dapat diartikan sebagai proses pembelajaran yang memanfaatkan berbagai macam pendekatan. Pendekatan yang dilakukan dapat memanfaatkan berbagai macam media dan teknologi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa blended learning adalah pembelajaran yang mengkombinasikan antara tatap muka, belajar mandiri serta belajar mandiri secara online.
         
      Selanjutnya role play approach menurut Santoso mengatakan bahwa role playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Dengan kata lain bahwa model role playing adalah suatu model pembelajaran dengan melakukan permainan peran yang didalamnya terdapat aturan, tujuan, dan unsur senang dalam melakukan proses belajar mengajar.
      Sebenarnya metode ini sangat menarik dan sangat mudah untuk dipahami, karena siswa terlibat secara langsung kedalam materi yang diajarkan oleh guru. Hal ini sangat efektif untuk membuat siswa lebih mudah mengingat materi karena siswa berperan “role” langsung mengenai materi yang diberikan oleh guru. Pendekatan ini muncul karena adanya kejenuhan dalam proses belajar. Dengan adanya metode ini siswa akan lebih aktif. Manfaat dari role play ini adalah siswa tanpa sadar mengungkapkan materi-materi yang mereka pelajari.

        Role play bisa digunakan untuk sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Dalam pendekatan role play guru dituntut untuk lebih aktif dan lebih kreatif. Namun, tidak semua materi bisa dilakukan dengan “bermain peran”. Syahyar memberikan simulasi dengan meminta audience untuk berperan sesuai dengan suara-suara hewan yang ia perintahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar