Rabu, 14 Mei 2014

Collaborative Learning oleh Dian Maya Nurita


      Dalam collaborative learning setiap anggota kelompok dituntut untuk berinteraksi satu sama lain dalam mengerjakan tugas agar menemukan hasil yang maksimal berdasarkan keputusan bersama. Guru sebagai fasilitator dan pembimbing jalannya aktivitas collaborative learning. Metode ini sangat mudah untuk dipahami.
Add caption

Dari pemaparan yang disampaikan oleh pemateri dapat disimpulkan bahwa collaborative learning adalah suatu bentuk sistem pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dengan membentuk kelompok. Siswa mengerjakan dan menyelesaikan tugas bersama-sama.
          Ada banyak manfaat dari collaborative learning, yaitu; siswa dapat berbagi informasi atau ilmu dengan teman-temannya yang lain. Menyelesaikan masalah melalui diskusi, membagi-bagi tugas, dan amsih banyak kelebihan lainnya. Namun, collaborative learning juga memiliki kelemahan yaitu seringnya terjadi selisih paham saat mengeluarkan pendapat, dan biasanya siswa yang malas hanya mengharapkan siswa lain yang lebih rajin untuk mengerjakan tugas. Akibatnya, ada siswa yang hanya mengharapkan siswa lain mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

          Sebenarnya metode ini sangat efektive jika pemateri mampu memberikan simulasi kepada audiences. Sehingga audiences akan lebih mudah memahami apa yang dimaksud dengan collaborative learning. 




Problem Base Learning

             Dari pemaparan Nurafni dapat diambil kesimpulan bahwa PBL adalah sebuah metode pembelajaran yang melibatkan siswanya dalam memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah.
              Componen-componen dari PBL antara lain ; 

1.       Problem identification yaitu mencari tahu masalah, siapa, dimana , dan kapan terjadinya.
2.       Hyphthesis Generation
3.       Generation of learning issues
4.       Inquiry strategy : setting of group and personal objectives
5.       Revisiting the problem, sharing of information.
              Kelebihan dari metode ini, siswa mengetahui kekurangan siswa karena saling sharing beban belajar yang mereka hadapi. Kekurangannya adalah, metode PBL ini membutuhkan banyak guru. Saat materi ini disajikan pemateri tidak memberikan simulasi kepada audiences. Pemateri juga terkesan hanya membaca slide dan kurang berinteraksi dengan audiences.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar