Suggestopedia by Anisah
Dari pemaparan yang Anisah sampaikan dapat disimpulkan bahwa metode suggestopedia
mulai dirintis tahun 1975 di Bulgaria oleh sekelompok peminat bahasa di
Institut Penelitian Pembelajaran mengenai bahasa asing. Awalnya metode
suggestopedia hanya dikembangkan di negara-negara Eropa Timur seperti Rusia,
Jerman Timur, dan Hongaria. Namun, saat ini sudah berkembang lebih luas.
Dalam metode
suggestopedia,hal yang paling mencolok adalah pemusatan musik dan rite musik
bagi proses pembelajaran. Penciptaan yang
menyenangkan dalam situasi rilek ketika belajar akan meningkatkan gemlombang
otak sehingga informasi yang diberikan guru akan dengan mudah diterima oleh
siswa.
Tujuan dari suggestopedia
adalah untuk membebaskan pikiran siswa dari asumsi negatif seperti asumsi bahwa
belajat itu membosankan, sulit, dan lain-lain. Asumsi seperti ini akan
membatasi potensi manusia untuk belajar. Lingkungan dimana siswa belajar sangat
penting. Kondisi kelas adalah penentu psikologis utama yang akan mempengaruhi
proses pembelajaran akademis.
Metode suggestopedia
menggunakan musik/instrumen klasik dalam proses pembelajaran. Penggunaan musik/instrumen
klasik didasarkan atas hasil penelitian yang menyebutkan bahwa otak akan berada
dalam kondisi terbaik untuk belajar.
Silent way adalah sebuah metode pembelajaran dengan cara menciptakan suasana yang hening, tenang agar proses belajar mengajar lebih fokus dan optimal. Hal ini dimaksudkan agar siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan guru. Guru berusaha menciptakan suasana kelas yang hening dan jauh dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi siswa-siswanya.
Silent Way by Syahrial
Silent way adalah sebuah metode pembelajaran dengan cara menciptakan suasana yang hening, tenang agar proses belajar mengajar lebih fokus dan optimal. Hal ini dimaksudkan agar siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan guru. Guru berusaha menciptakan suasana kelas yang hening dan jauh dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi siswa-siswanya.
Guru biasanya memberikan gerakan-gerakan
untuk menciptakan percakapan dengan peserta didiknya, guru sebagai mediator dan
juga pengamat. Metode ini memiliki kekurangan yaitu siswa akan mengalami
komunikasi bahasa yang buruk didalam kelas, materi yang diajarkan banyak
mengalami kegagalan karena tidak menggunakan bahasa secara keseluruhan tapi
lebih melalui gerakan-gerakan. Disamping kekurangan, silent way juga memiliki
kelebihan yaitu siswa akan lebih tertarik untuk belajar karena dalam proses
belajar siswa akan memecahkan masalah sehingga hal ini akan meningkatkan
kecerdasan dan memori yang digunakan adalah memori jangka panjang.
Syahrial memberikan simulasi pada audience
dengan meminta audience untuk membentuk sebuah lingkaran. Lalu dia meminta kami
untuk menutup mata, kemudian ia memberikan sebuah pulpen warna warni pada satu
orang. Sedangkan yang lainnya diminta untuk menebak warna pulpen yang ada di
tangan seorang audience setelah diberikan beberapa clue. Syahrial mempresentasikan
silent way dengan baik, sehingga audience lebih mudah memahami apa itu silent
way sebenarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar