Jumat, 06 Juni 2014

Suggestopedia by Anisah           

          Dari pemaparan yang Anisah sampaikan dapat disimpulkan bahwa metode suggestopedia mulai dirintis tahun 1975 di Bulgaria oleh sekelompok peminat bahasa di Institut Penelitian Pembelajaran mengenai bahasa asing. Awalnya metode suggestopedia hanya dikembangkan di negara-negara Eropa Timur seperti Rusia, Jerman Timur, dan Hongaria. Namun, saat ini sudah berkembang lebih luas.


          Dalam metode suggestopedia,hal yang paling mencolok adalah pemusatan musik dan rite musik bagi proses pembelajaran.  Penciptaan yang menyenangkan dalam situasi rilek ketika belajar akan meningkatkan gemlombang otak sehingga informasi yang diberikan guru akan dengan mudah diterima oleh siswa.
Tujuan dari suggestopedia adalah untuk membebaskan pikiran siswa dari asumsi negatif seperti asumsi bahwa belajat itu membosankan, sulit, dan lain-lain. Asumsi seperti ini akan membatasi potensi manusia untuk belajar. Lingkungan dimana siswa belajar sangat penting. Kondisi kelas adalah penentu psikologis utama yang akan mempengaruhi proses pembelajaran akademis.


          Metode suggestopedia menggunakan musik/instrumen klasik dalam proses pembelajaran. Penggunaan musik/instrumen klasik didasarkan atas hasil penelitian yang menyebutkan bahwa otak akan berada dalam kondisi terbaik untuk belajar.




                                                          Silent Way by Syahrial


    Silent way adalah sebuah metode pembelajaran dengan cara menciptakan suasana yang hening, tenang agar proses belajar mengajar lebih fokus dan optimal. Hal ini dimaksudkan agar siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan guru. Guru berusaha menciptakan suasana kelas yang hening dan jauh dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi siswa-siswanya.
      Guru biasanya memberikan gerakan-gerakan untuk menciptakan percakapan dengan peserta didiknya, guru sebagai mediator dan juga pengamat. Metode ini memiliki kekurangan yaitu siswa akan mengalami komunikasi bahasa yang buruk didalam kelas, materi yang diajarkan banyak mengalami kegagalan karena tidak menggunakan bahasa secara keseluruhan tapi lebih melalui gerakan-gerakan. Disamping kekurangan, silent way juga memiliki kelebihan yaitu siswa akan lebih tertarik untuk belajar karena dalam proses belajar siswa akan memecahkan masalah sehingga hal ini akan meningkatkan kecerdasan dan memori yang digunakan adalah memori jangka panjang.
      Syahrial memberikan simulasi pada audience dengan meminta audience untuk membentuk sebuah lingkaran. Lalu dia meminta kami untuk menutup mata, kemudian ia memberikan sebuah pulpen warna warni pada satu orang. Sedangkan yang lainnya diminta untuk menebak warna pulpen yang ada di tangan seorang audience setelah diberikan beberapa clue. Syahrial mempresentasikan silent way dengan baik, sehingga audience lebih mudah memahami apa itu silent way sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar