Sabtu, 07 Juni 2014

Grammar Translation Method by Nurisma

        
       Nurisma menceritakan gambaran mengenai GTM pada zaman yunani dan GTM juga merupakan metode yang paling tradisional dalam. Metode ini hanya fokus pada grammar dan translation. Grammar translation method adalah metode mengajar yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara, membaca dan menulis. menurut pemaparan Nurisma grammar translation method merupakan metode yang sudah sangat lama digunakan dan saat ini masih tetap digunakan. kelemahan dalam metode ini adalah dapat mengha,mat proses menerjemah dan juga tata bahasa.
           
           Grammar translation method pertama kali digunakan ketika manusia belajar bahaasa asing dan metode ini mengalami kegagalan karena siswa terpaku pada tata bahasa dan membuat kalimat saja. Dalam metode ini guru harus memantau perkembangan siswa dalam mebuat kalimat. Adapun tujuan dari metode ini adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa.
Kekurangan dari metode ini adalah menghambat kemampuan siswa dalam menerjemah dan juga dalam penyusunan tata bahasa. Nurisma menyajikan materi dengan baik.




Direct Method by Hayatun Riza 

       
        Direct artinya langsung. Jadi direct method adalah suatu cara menyajikan materi pelajaran bahasa asing dimana guru langsung menggunakan bahasa asing dalam aktivitas belajar mengajar tanpa menggunakan bahasa Indonesia sedikitpun, dan pasti tidak boleh menerjemahkannya. Bagaimana jika siswa tidak paham ? maka guru mendemonstrasikannya, menggunakan alat peraga, maupun alat bantu lainnya.
      Menurut Francois Gouin, orang yang mengembangkan metode direct method berpendapat bahwa belajar bahasa asing adalah dengan mendengarkan dan mengucapkannya seperti metode di direct method ini, bukan mempelajari kaidah bahasa atau menghafal daftar kosa kata. Tujuan metode ini adalah mengajar siswa agar mampu berbicara bahasa asing.
      Kekurangan metode ini ialah siswa menjadi pasif apabila guru tidak mampu memotivasi siswa dengan baik dan sangat mungkin bagi siswa untuk merasa jenuh karena mereka tidak memahami kata-kata yang dikatakan oleh gurunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar