Sabtu, 07 Juni 2014

Contextual Instruction by Azkya Fairuz

          Contextual instruction adalah konsep belajar pada sekolah yang membantu guru mengaitkan isi materi pelajaran dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk menghubungkan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 
       Tujuan dari metode ini memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan merela sehari-hari, sehingga siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dinamis dan fleksibel untuk membangun sendiri ilmu pengetahuannya.
Manfaat metode ini adalah keadaan kelas menjadi lebih hidup, misalnya jika guru membahas tentang teks procedure dan guru pun langsung mendemonstrasikannya didepan kelas. Guru harus benar-benar aktif untuk memotivasi siswa semangat dalam belajar.

Natural Approach by Cut Sri Wahyuni


          Natural approach adalah metode pengajaran bahasa yang dikembangkan oleh Stephen Krashen dan Tracy Terrel pada tahun 1970.  Hal ini bertujuan untuk mendorong penguasaan bahasa naturalistik di ruang kelas, dan menekankan kemunikasi. Upaya yang dilakukan untuk membuat lingkungan belajar senatural mungkin.
Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk menghasilkan kemampuan bercakap secara cepat. Seorang siswa membutuhkan penguasaan tata bahasa yang banyak namun tujuan sebenarnya adalah bagaimana memahami bukan mennghapal.
         Kelebihan natural approach adalah siswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing secara cepat dan suasana kelas leboh santai dan nyaman karena tidak ada paksaan untuk berbicara bahasa asing, khususnya pada awal-awal pembelajaran. Adapaun kekurangan dalam natural approach adalah tidak fokus pada satu titik keterampilan berbahasa saja karena dalam mencapai penguasaan bahasa dilakukan berbagai kegiatan, seperti menulis dan berkomunikasi. Selanjutnya alokasi waktu yang digunakan untuk mempelajari tata bahasa sedikit, sehingga sering terjadi kesalahan dalam penggunaan tata bahasa. Cut menyampaikan materi ini dengan baik dan menarik.

Multiple Inteligencies by Laras Aprilia

                 
Multiple inteligencies adalah sebuah teori pendidikan hasil karya Howard Gardner. Dalam teori tersebut, Gardner mengklarifikasikan kecerdasan atau inteligence menjadi tujuh tipe berbeda. Adapaun tujuh kecerdasan berdasarkan teori Gardner adalah : visual/spiritual inteligencies, verbal/linguistic inteligence, logical/mathematical inteligence, bodily/kinaesthetic inteligence, musical/rhythmic inteligenc,interpersonal inteligence dan interpersonal intelligence. 
               Menurut Gardner, kecerdasan bukan suatu ciri tunggal yang dapat diukur dan diberi angka. Ia menunjuk pada tes IQ yang mengukur terutama kecerdasan verbal, logis matematis dan beberapa kecerdasan spasial. Yakin bahwa ada kecerdasan lain yang menjadi aspek penting dalam kapabilitas manusia,. Gardner mengajukan kecerdasan lainnya.


Audio Lingual Method and Drilling by Risnami

          Audio lingual adalah suatu metode yang menekankan pengajaran bahasa lewat mendengat dan menirukan, juga dimungkinkan penggunaan bahasa ibu untuk penjelasannya. Metode ini biasanya lebih banyak diterapkan dengan bentuk pattern drill. Penggunaan pendekatan pattern drill sudah lazim digunakan dikalangan militer. Karena pada awalnya metode ini banyak digunakan pada kalangan militer, maka metode ini juga disebut dengan army method.
          Tujuan audio lingual adalah agar para siswa menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. Pada tahap awal, fokus pembelajaran adalah pada kemampuan lisan, kemudian bertahap pada kemampuan lainnya seperti mengembangkan keterampilan. Tujuan utama diletakkan pada kecakapan lisan, yaitu siswa harus mencapi pelafalan yang akurat dan tata bahasa yang benar.

             Kelebihan metode ini dapat membentuk kebiasaan berbahasa, tidak diperlukan perbandingan dengan bahasa lainnya. Strategi dalam penerapan metode audio lingual adalah penghafalan dialog, kegiatan backward build up, drill merubah kalimat, dikte, flashcard, drill berantai, dan permainan abjad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar