Rabu, 14 Mei 2014

Lexical Approach oleh Masnur

       
Dari pemaparan pemateri dapat disimpulkan bahwa lexical approach adalah subuah metode pembelajaran bahasa asing yang lebih menekankan penggunaan kosa kata dari pada penggunaan grammar. Metode ini diperkenalkan pertama kali oleh Lewis di tahun 1990. Konsep dasar dari pendekatan ini adalah siswa mampu memproduksi kata-kata baru dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
        Masnur menjelaskan bahwa teori ini terdiri dari 4 hal,yaitu ; chunks, idioms, colllocation, dan fixed phras. Penjelasan dari masnur sudah sangat bagus, hanya saja saya masih tidak bisa mengerti mengenai pembahasan chunk. Ada beberapa teman yang bertanya tentang chunk dan pemateri mengatakan bahwa chunk adalah potongan. Tapi, kami masih bingung apa yang dimaksud dengan potongan dari chunk tersebut meskipun pemateri telah berusaha memberikan beberapa contoh agar kami lebih mudah mengerti.

        Pemateri juga memberikan simulasi di akhir pembahasan. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok mendapatkan perintah masing-masing. Misalnya polywords, maka kelompok menuliskan kata dan kelompok lain menebak atau mengidentifikasi melalui clue yang telah diberikan oleh kelompok yang maju. Oleh sebab itu, simulasi ini membuat audience lebih mengerti apa yang dimaksud dengan lexical approach itu sendiri. 
        Dari presentasi Masnur sendiri sudah sangat bagus karena presentasinya hidup dan memberikan wawasan bagi audiences sebagai calon guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar